Serba Serbi Kopi

20 February 2009

Bukan Kopi Tapi Cola, Biang Hipertensi Pada Wanita

Seorang wanita tidak akan terkena tekanan darah tinggi hanya karena memiliki kebiasaan minum kopi secara rutin. Sebaliknya, ada hubungan antara penyakit hipertensi inidenganmengkonsumsi minuman bersoda atau coladan mungkin tidak ada kaitannya dengan kafein, demikian hasil sebuah penelitian.

“Kami menemukan bukti kuat untuk menyangkal spekulasi bahwa kebiasaanminum kopi berhubungan dengan meningkatnya resiko hipertensi pada wanita,” tulis penelitinya Wolfgang Winkelmayer dari Brigham and Womens Hospital dan Harvard School of Public Health.

Kesimpulan ini bertolak belakang dengan hasil penelitian yang pernah dilakukan sebelumnyayang menyatakan adanya hubungan antara mengkonsumsi kopi danresiko hipertensi. Tapi, saat itu para peneliti menyimpulkan bahwa tubuh manusiamasih dapat menerima dua atau tiga cangkir kopi dalam sehari.

Nah, dalam penelitian ini tidak ditemukan hubungan antara kebiasaan minum kopi dan hipertensi. Analisisnya dilakukan terhadap 33.077 kasus tekanan darah tinggi selama 12 tahun di antara 155.594 wanita yang berpartisipasi dalam penelitian bertajuk Nurses Health Study yang dijalankan atas kerjasama pihak RS dan universitas.

Meskipun demikian,justru ditemukan hubungan antara hipertensi dengan mengkonsumsi cola yang mengandung kafein, tanpa memperhitungkan apakah mengandung gula atau tidak. Dalam penelitian ini juga tidak diteliti pengaruh minuman ringan selain cola.

“Kami menduga bukan kafein tapi mungkin senyawa lain dalam minuman ringan bersoda yang mungkin menyebabkan peningkatan resiko hipertensi,” demikian dinyatakan para peneliti dalam makalah yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association.

Sekitar 50 juta penduduk AS menderita hipertensi dan jumlahnya terus bertambah. Perubahan kondisi kesehatan tubuhseperti iniakan meningkatkan resiko penyakit hati, stroke, dan masalah pada ginjal.

Kopi: Sumber Antioksidan Utama

Secangkir kopi yang Anda minum tiap pagi ternyata tidak sekedar membuat Anda terjaga dan lebih bersemangat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kopi adalah sumber utama antioksidan bagi orang Amerika.

Penemuan ini tentu saja mengejutkan karena banyak orang meyakini bahwa sumber antioksidan yang baik diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Itu benar.Namun study ini merupakan pertama kalinya yang menunjukkan bahwa orang Amerika mendapatkan sebagian besar antioksidan mereka dari kopi.

“Orang Amerika mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi dibanding sumber makanan lain,” kata pimpinan penelitian Joe Vinson dari Universitas Scranton. “Tidak ada sumber lain yang menyamainya.”

Dan jangan khawatir kalau Anda tidak kuat minum kopi yang keras. Penelitian menunjukkan bahwa kopi tanpa kafein (decaf) memberi antioksidan dalam jumlah sama. Ini tentu saja merupakan kabar baik bagi hampir separuh orang Amerika yang bergantung pada kopi agar tetap bersemangat.

Tapi Anda tidak perlu terburu-buru minum kopi banyak-banyak. “Satu atau dua cangkir tiap hari sudah memberi hasil yang diinginkan,” kata Vinson.

Sementara bagi yang tidak menyukai kopi, Vinson menyarankan agar menggantinya dengan teh hitam, sumber antioksidan kedua yang juga banyak dikonsumsi. Bila masih tidak suka, cobalah pisang, kacang kering, atau jagung yang juga mengandung antioksidan tinggi menurut penelitian ini.

Perlu diketahui, oksidasi yang merupakan proses biologi normal untuk memecahkan bahan kimia di tubuh kita, juga menghasilkan radikal bebas sangat reaktif yang bisa merusakkan sel-sel tubuh. Merokok dan terkena radiasi juga akan menciptakan radikal bebas.

Bila dibiarkan saja, radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh. Nah, antioksidan – yang biasa dianggap sebagai pelindung terhadap penyakit jantung dan kanker – bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas perusak itu.

Meski demikian, Vinson menyatakan bahwa kadar antioksidan yang tinggi pada suatu makanan atau minuman tidak selalu disimpan ke tubuh dalam kadar yang tinggi pula. Semua tergantung pada bagaimana tubuh menyerap dan menggunakan antioksidan tersebut.

Dalam penelitiannya, Vinson dan rekan-rekannya menganalisa kadar antioksidan pada lebih dari 100 jenis bahan makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, bumbu-bumbu, serta berbagai jenis minyak dan minuman. Mereka kemudian membandingkannya dengan data mengenai tingkat konsumsi masing-masing jenis makanan oleh orang Amerika.

Hasilnya, walau banyak jenis makanan lain yang mengandung antioksidan dengan kadar lebih tinggi, namun tidak satupun yang menandingi kopi dalam hal tingkat konsumsinya. Sebagai contoh, cranberry dan anggur merah memiliki antioksidan jauh lebih banyak, tapi tidak dikonsumsi tiap hari seperti kopi. Artinya, bagi orang Amerika, sumber antioksidan utama mereka adalah kopi.

“Sayang sekali konsumen masih kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran,” kata Vinson. “Padahal jenis makanan ini secara keseluruhan lebih baik bagi tubuh karena mengandung vitamin, mineral, dan serat dalam jumlah tinggi, selain juga antioksidan tentu saja.”

Rahasia Kopi Bercita Rasa Tinggi

Kopi berkualitas tinggi semakin mudah didapatkan di kedai siap saji, bahkan lebih mudah dibandingkan mencari kentang goreng.

Mulai bulan ini misalnya, Mc Donald menawarkan kopi organik yang diolah oleh Green Mountain Coffee Roaster di 650 lokasi di New England dan Albania, New York. Burger Kings bahkan menyediakan kopi yang diseduh saat itu juga sehingga Anda dapat memperoleh kopi dengan aroma yang pas.

Kedai-kedai siap saji tahu bahwa pelanggan – terutama di Amerika – jatuh cinta pada kopi dengan cita rasa tinggi.

Kopi yang tidak memiliki aroma kurang sedap digolongkan sebagai kopi khusus. Kopi ini dihasilkan dari biji kopi kualitas unggul, dimana penyangraian (digoreng tanpa minyak) dan pemasakannya dilakukan dengan keahlian tertentu.

Pada tahun 2004, menurut Specialty Coffee Association of America, 16 persen kaum muda di Amerika sehari-hari meminum kopi spesial. Pasar kopi seperti ini – yang meliputi penjualan di kafe-kafe, kios-kios, kedai-kedai, dan gerai-gerai kopi dengan jumlah total 17.400 lokasi – mencapai sekitar 8,96 milyar dollar AS pada akhir 2003.
Amerika mengimpor dan mengkonsumsi kopi lebih banyak daripada negara-negara lain di dunia.

Cara pembuatan

Untuk mendapatkan kopi dengan cita rasa yang tinggi, rahasianya adalah pada cara menyangrai dan memasaknya.

Bila biji kopi mencapai suhu sekitar 400 derajat, warnanya akan mulai berubah kecoklatan. Minyak yang terkandung di dalamnya mulai keluar. Inilah saat aromanya keluar. Semakin banyak minyak yang keluar, semakin kuat cita rasa yang dihasilkan.

Namun kopi sangrai adalah bahan yang tidak tahan lama. Cita rasa kopi akan mencapai puncaknya beberapa hari setelah disangrai dan memudar bila kopi terkena udara, cahaya, atau kelembaban. Karena alasan inilah, para pengolah kopi menyimpan biji kopi mereka dalam peti kedap udara pada suhu ruangan.

Cita rasa sendiri adalah kombinasi dari aroma, keasaman, dan rasa dasar.

Rasa dasar adalah sensasi dari kekentalan yang membuat kopi terasa berbobot. Semakin lama penyangraian semakin kuat rasa yang muncul. Namun, hal ini juga mengurangi kadar keasaman yang memberikan sensasi khusus di lidah Anda. Sehingga diperlukan kepekaan saat menyangrai agar rasa dasar kopi tetap kuat tapi keasamannya tidak hilang.

Kadar keasaman tidak menimbulkan rasa pahit. Rasa pahit muncul ketika dalam proses pengolahan ada pengurangan ampas kopi, mengolah terlalu lama, atau mengolah dalam wadah atau mesin dimana didalamnya terdapat sisa ampas kopi yang sudah beberapa jam, hari atau minggu yang lalu.

Pengolahan di Starbucks

Apakah Anda ingin tahu bagaimana Starbucks mengolah kopi mereka?

Pertama, mereka tidak akan memakai kopi yang kantongnya telah terbuka selama satu minggu. Ingat, cita rasa kopi dipengaruhi udara, cahaya, dan kelembaban.

Kedua, kopi panas disimpan di dalam wadah khusus yang panas, tidak didalam pemanggang.

Ketiga, mereka menggunakan takaran dua sendok makan kopi untuk enam ons air. (Standar resep lainnya yaitu satu atau dua sendok makan setiap enam ons air)

Menurut juru bicara Starbucks Chris Gimbl, perusahaan ini mengolah kopi di empat lokasi, berada di Amerika dan Amsterdam. Kopi yang telah disangrai disimpan dalam kemasan yang memungkinkan gas karbon dioksida keluar tetapi mencegah masuknya udara, cahaya, air, dan panas. Dengan begitu kopi akan memiliki aroma dan cita rasa yang asli.

Anda ingin mendapatkan kopi yang nikmat? Mungkin Anda bisa meniru beberapa cara di atas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: