Tuhan Kepercayaan

25 May 2009

Islam tidak memberikan konsepsi yang jelas tentang Tuhan yang bernama Allah. Al-Quran dalam surat al-Ikhlas menjelaskan bahwa: “Allah itu esa, semua makhluk bergantung kepada-Nya, tidak beranak dan diperanakan dan tidak sesuatupun yang menyerupainya.”. Di ayat yang lain dinyatakan bahwa, Allah sangat dekat bahkan lebih dekat dari urat nadi leher manusia dan diayat yang lain dinyatakan pula bahwa kemanapun juga kita menghadap disitulah wajah Allah.

Jika kita tidak berhati-hati dalam memahami hal ini, bukan tidak mustahil bahwa pemahaman kita tentang Allah adalah sama seperti pemahaman kita tentang Tuhan seperti yang dimaksud Ibn al-Arabi. Ibn al-Arabi menyatakan bahwa ketika kita berpikir tentang Tuhan, maka pikiran kita menciptakan Tuhan kepercayaan. Dr Kautsar Azhari Noer menjelaskan pemikiran Ibn al-Arabi sebagai berikut:

“Tuhan kepercayaan” adalah gambar atau bentuk Tuhan atau pemikiran, konsep, ide, atau gagasan tentang Tuhan yang diciptakan oleh akal manusia atau taklidnya. Tuhan seperti itu bukanlah Tuhan sebagaimana Dia sebenarnya, Tuhan pada dirinya, Zat-Nya, tetapi adalah Tuhan yang diciptakan oleh manusia sesuai kemampuan, pengetahuan, penangkapan dan persepsinya. Tuhan seperti itu adalah Tuhan yang “ditempatkan” oleh manusia dalam pemikiran, konsep, ide atau gagasannya dan “diikat”-nya dengan dan dalam kepercayaannya.

“Bentuk”, “gambar”, atau “wajah” Tuhan seperti itu ditentukan dan diwarnai oleh persepsi manusia yang mempunyai kepercayaan kepada-Nya. Yang diketahui diwarnai oleh yang mengetahui. Dengan mengutip perkataan al-Junaid, seorang sufi terkemuka, Ibn al-Arabi berkata: “Bentuk air adalah bentuk bejana yang ditempatinya.” Itulah sebabnya mengapa Tuhan melalui sebuah hadis qudsi berkata: “Aku adalah dalam sangkaan hamba-Ku tentang Aku.” Tuhan disangka oleh manusia, bukan diketahuinya. Dengan kata lain, Tuhan hanya dalam sangkaan manusia, bukan dalam pengetahuannya. Tuhan tidak diketahui dan tidak dapat diketahui.

Teori Ibn al-Arabi tentang “Tuhan kepercayaan” didasarkan pula kepada sebuah hadis Nabi Muhammad SAW tentang penampakan diri Tuhan pada hari kiamat. Nabi menceritakan bahwa pada hari kiamat, Tuhan akan menampakkan Diri-Nya kepada ummat manusia dalam berbagai bentuk, yang tiap-tiap bentuk akan ditolak oleh setiap orang yang tidak mengenalnya dan diterima oleh setiap orang yang mengenalnya. Akhirnya, semua orang atau kelompok akan menyadari bahwa tidak satupun diantara bentuk-bentuk itu yang merupakan Tuhan yang sebenarnya, dan akan menyadari pula bahwa sebenarnya Tuhan yang menampakkan Diri-Nya dalam berbagai bentuk itu adalah satu dan sama; itu juga, tidak lain.

“Tuhan kepercayaan” adalah gambar atau bentuk Tuhan, atau pemikiran, konsep, ide, atau gagasan tentang Tuhan yang diciptakan oleh akal manusia. Orang yang memandang bahwa dengan nalarnya ia mempunyai pengetahuan yang memadai tentang Tuhan adalah orang yang membatasi Tuhan dalam bentuk khusus menurut pengertian yang ditentukan oleh akalnya. Padahal Tuhan tidak dapat dibatasi. Bentuk Tuhan yang ditangkapnya adalah bentuk yang dicocokan dengan “kotak” akalnya. Orang seperti ini menolak bentuk Tuhan yang tidak cocok dengan bentuk dan ukuran “kotak” akalnya. Ia menyalahkan orang lain yang mempercayai Tuhan dalam bentuk lain. Ia tidak menerima apapun sebagai kebenaran jika bertentangan dengan akalnya. Orang seperti ini, kata Ibn al-Arabi adalah hamba nalar bukan hamba Tuhan. (Dr Kautsar Azhari Noer)

Source: http://takbermakna.blogspot.com, posted by Ris Prasetyo

One Response to “Tuhan Kepercayaan”

  1. ADIMAS Says:

    TUHAN adalah bukan sesuatu ,yg artinya tiada pernah lahir, musnah, hilang2, bergeser. berarti tdk pernah diwali maupun diakhiri, selalu ada dan amat nyata, selalu sedia dan segala yg disebut sesuatu itu lahir, musnah, bergerak dan diamnya dari yg bukan sesuatu. Dia disebut Allah SWT.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: